ads
Home » » Tips dan Trick Menulis Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Tips dan Trick Menulis Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Melamar Pekerjaan bukanlah hal yang mudah,kita harus mempersiapkan segalanya dengan baik dan benar, yaitu berupa Info lowongan kerja yang terpercaya, berkas-berkas yang diperlukan, kemampuan kita denga info kerja yg di butuhkan, serta yang menyangkut andil besar adalah surat lamaran kerja kita ke perusahaan terkait. pada kesempatan ini saya kan memberikan tips dan trick menulis lamaran kerja yang baik dan benar.
Tips dan Trick Menulis Lamaran Kerja yang Baik dan Benar
Tips dan Trick Menulis Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Tips dan Trick menulis Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Surat lamaran pekerjaan (kerja) bisa di buat dengan dua langkah yakni :
  • Surat lamaran pekerjaan yang dipadukan dengan riwayat hidup (resume, curriculum vitae). Dalam jenis ini riwayat hidup termasuk juga isi surat. Lantaran berisi berbentuk paduan, jenis ini dapat dimaksud jenis gabungan.
  • Surat lamaran yang dipisahkan dari riwayat hidup. Dalam jenis ini riwayat hidup adalah lampiran. Karenanya jenis ini dapat dimaksud jenis terpisah. Jenis terpisah ini semakin banyak digunakan. Meskipun dalam pembuatannya membutuhkan 2 x kerja, tetapi surat lamaran jenis ini lebih disukai oleh pencari kerja lantaran suratnya yang singkat.

Isi surat lamaran mesti singkat, padat, tak bertele-tele, langsung ke  persoalannya.
Yang dikemukakan adalah segalanya yang disyaratkan oleh lowongan jabatan yang berkaitan.

Yang perlu di perhatikan dalam menulis surat lamaran pekerjaan yaitu :

1. Data pribadi pelamar yang mencakup :

Nama lengkap dan jelas
Tempat serta Tanggal Lahir
Alamat
Telephone serta/atau HP
E-mail (apabila ada, tak harus)
Status Perkawinan

Spesial untuk Nomer Telephone atau Nomer HP tersebut di atas, janganlah lupa untuk menuliskannya. Lantaran perusahaan penerima lamaran anda akan segera serta dengan cepat menghubungi anda.
Apabila anda tak mempunyai Telp/HP, gunakanlah Telp/HP tetangga/family/rekanan anda.
Hal semacam ini nampaknya sepele walau sebenarnya SANGAT PENTING, terlebih untuk perusahaan yang sesungguhnya cuma memerlukan penambahan satu atau sebagian pegawai saja.

2. Pendidikan

Pendidikan resmi umpamanya SD/SMP/SMA/Akademi/S1, dsb.
Pendidikan non resmi yakni kursus-kursus atau kursus yang pernah diikuti

3. Pengalaman bekerja

Bila sudah mempunyai pengalaman kerja, katakan dalam surat lamaran, apakah sesuai sama jabatan yang dilamar atau di bagian lain. Apabila belum pernah bekerja baiknya mengatakan kemampuannya untuk jabatan yang dilamar berdasar pada kekuatan yang dipunyainya itu.

4. Lampiran Surat Lamaran Pekerjaan

Lampiran yaitu semua suatu hal yang diikutkan dalam suatu surat lamaran dengan maksud untuk mempertegas atau menguatkan surat itu juga sebagai bahan pertimbangan untuk pihak tubuh usaha atau lembaga yang tawarkan pekerjaan.

Lampiran dalam surat lamaran pekerjaan yaitu :

Daftar Kisah Hidup atau CV (Curriculum Vitae) atau Resume
Fotocopy Ijazah terakhir
Fotocopy sertifikat pelatihan/pelatihan
Cocok Photo teranyar
Surat Info Catatan Kepolisian (tak harus, tetapi apabila ada, tambah baik)
Surat Info Kesehatan dari Dokter (tak harus, tetapi apabila ada, tambah baik)

Demikianlah mengenai artikel tips dan trick menulis lamaran kerja, semoga bermanfaat  untuk anda dan kita semua, tidak lupa kritik dan saran kami tunggu di kolom komentar yang tersedia. salam admin

0 comments:

Post a Comment